Peristiwa

Sekitar 1,5 Juta Penduduk di Sumut Jadi Pengguna Narkoba, Penanganan Penyalahgunaan Narkoba Perlu Dukungan Semua Pihak



Sekitar 1,5 Juta Penduduk di Sumut Jadi Pengguna Narkoba, Penanganan Penyalahgunaan Narkoba Perlu Dukungan Semua Pihak
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com-Sekitar 1,5 juta dari 14 juta jiwa lebih penduduk Sumatera Utara (Sumut) menjadi pengguna narkoba. Sehingga diperlukan penanganan secara serius terhadap penyalahgunaan narkoba yang merupakan kejahatan luar biasa (Extra Ordinary Crime) tersebut, termasuk melibatkan masyarakat kampus.

Hal tersebut terungkap dalam acara Coffee Morning bertajuk 'Perlukah Penyertaan Masyarakat Kampus dalam Pengawasan Peredaran Narkoba di Lingkungan Mahasiswa se-Sumatera Utara' yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut di Hotel Emerald Garden Internasional, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Senin (25/10/2021).

Baca Juga : FIB USU Gelar Deklarasi Anti Narkoba, Ajak Dosen dan Mahasiswa Berprestasi

“Sekitar 1,5 juta dari 14 juta jiwa lebih penduduk Sumatera Utara menjadi pengguna narkoba, baik pasif maupun aktif, yang didominasi pengguna sabu-sabu dan ganja,” ungkap Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut Brigjen Toga H Panjaitan, sebagai narasumber.

Untuk itu, menurut Toga, penanganan permasalahan narkoba perlu dukungan semua pihak, dan kunci permasalahan penanganan penyalahgunaan narkoba bisa dimulai dari lingkungan yang terkecil, yakni keluarga. “Pengguna narkoba jangan dikucilkan, rangkul, obati dan pulihkan, sehingga menjadi lebih baik,” katanya.


Tag: