Kesehatan

YPI, NSYTCM dan SMA Negeri 14 Medan Gelar Diskusi Kawasan Tanpa Rokok



YPI, NSYTCM dan SMA Negeri 14 Medan Gelar Diskusi Kawasan Tanpa Rokok
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) bekerjasama dengan Nort Sumatera Youth Tobaco Control Movemen (NSYTCM) menggelar diskusi bersama siswa SMA Negeri 14 Medan melalui zoom meeting, akhir pekan kemarin.Diskusi tersebut membahas sarana pendidikan yang menjadi salah satu sektor dari tujuh Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang telah ditetapkan pemerintah.

Koordinator Program Tobaco Control YPI Elisabet mengatakan, bahwa kawasan bebas rokok tak hanya bebas dari orang merokok saja, tetapi sebenarnya termasuk larangan jual beli rokok dan iklan sponsor rokok di seputaran sekolah."Sosialisasi bahaya asap rokok dan penerapan Perda KTR Pemko Medan akan terus digaungkan YPI untuk menyelamatkan kesehatan anak dari zat beracun pada rokok. Sebab, saat ini prevalensi perokok anak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan," ungkapnya.

Baca Juga : Tak Puas Datangi Lurah dan Camat, Warga Geruduk Kantor Walikota Medan, Minta Non Aktifkan Kepling I Kelurahan Pulo Brayan Kota

Melalui diskusi kali ini, dia mengajak siswa SMA Negeri 14 untuk ikut ambil andil sebagai agen perubahan atau menjadi pemuda penggerak.Zulkadri salah seorang narasumber yang merupakan alumni SMA 14 Medan menambahkan, bahwa anak dan remaja memang merupakan target bagi perusahaan rokok.

Menurutnya, remaja harus berani menjadi agen perubahan dan mengajak orang lain juga."Kakak percaya, adik-adik osis yang hadir ini adalah orang yang kritis. Harus berani mengatakan yang sebenarnya," terangnya.


Tag: