Kesehatan

Menlu RI Retno Marsudi Pimpin Pertemuan COVAX, Dorong Peningkatan Kapasitas Produksi Vaksin



Menlu RI Retno Marsudi Pimpin Pertemuan COVAX, Dorong Peningkatan Kapasitas Produksi Vaksin
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi bersama dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada Karina Gould memimpin pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (COVAX-AMC EG) Meeting ke-4, yang dilaksanakan secara virtual awal pekan ini.

Pertemuan COVAX-AMC EG ini membahas berbagai isu penting, antara lain perkembangan terkini terkait suplai dan distribusi vaksin, pendanaan dan peluang investasi, dukungan distribusi vaksin, upaya membangun kepercayaan publik terhadap vaksin, dan strategi COVAX Facility tahun 2022.

Dalam pembahasan, terlihat bahwa meskipun masih terdapat tantangan baik dari penyebaran virus maupun ketersediaan suplai vaksin, namun komitmen global telah memberikan harapan besar terhadap upaya bersama atasi pandemi ini.

Baca Juga : Menlu Retno Marsudi Terpilih Pimpin Kerja Sama Vaksin Multilateral COVAX-AMC EG

Dilansir dari Setkab.go.id, Rabu (19/05/2021), isu pertama yang dibahas adalah mengenai suplai dan distribusi vaksin. Dalam pertemuan dibahas mengenai keterlambatan pasokan vaksin untuk vaksin COVAX Facility. Vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh SII (India) terkirim sekitar 18 persen, dan produksi vaksin AZ oleh SK Bio (Korea Selatan) terkirim 50 persen dari komitmen awal.


Tag: