Kesehatan

Menkominfo Johnny G Plate Terima Suntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua



Menkominfo Johnny G Plate Terima Suntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate kembali menerima suntikan vaksinasi Covid-19. Suntikan dosis kedua ini juga dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Senin (01/02/2021). Sebelumnya pada dua pekan lalu, Menteri Johnny juga menjalan vaksinasi di tempat yang sama.

Menteri Kominfo tiba di RSPAD pukul 08:00 WIB, kemudian menjalani tahapan vaksinasi. Mulai dari registrasi untuk melakukan validasi data. Selanjutnya, Menteri Johnny menjalani tahap penapisan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan riwayat kesehatan. Tahapan itu diperlukan untuk memastikan penerima vaksin berada dalam kondisi prima dan layak mengikuti vaksinasi untuk dosis kedua.

Sebelum disuntik Vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac Life Science Co.Ltd. yang di Indonesia bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) ini, Menteri Kominfo sempat memegang ampul vaksin itu. “Tidak terasa sakit saat penyuntikan, dan tidak ada efek sama sekali,” ujarnya, dilansir dari Kominfo.go.id, Senin (01/02/2021).

Usai menerima suntikan dosis kedua vaksin, Menteri Johnny kemudian bersiap untuk menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR Senayan. Vaksin CoronaVac telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setelah melalui sejumlah uji klinis yang melibatkan sebanyak 1.620 relawan di Bandung. Majelis Ulama Indonesia juga telah menyatakan bahwa vaksin tersebut suci dan halal sehingga dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

Sebagaimana vaksin-vaksin Covid-19 lain yang tersedia saat ini, membutuhkan dua dosis penyuntikan bagi tiap masing-masing penerima untuk memperkuat respons imun dari suntikan dosis pertama. Sebanyak 0,5 mililiter dosis vaksin disuntikkan di masing-masing penyuntikan. (BS09)


Tag: