Ekonomi

UMKM dan Eksportir Pemula Diajak Lirik Pasar Asia, Australia dan Afrika



UMKM dan Eksportir Pemula Diajak Lirik Pasar Asia, Australia dan Afrika
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Perwakilan perdagangan Indonesia di negara mitra mengajak lebih banyak eksportir, termasuk eksportir-eksportir pemula dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), untuk melirik lebih banyak peluang yang dapat digarap di pasar Asia, Australia, dan Afrika.Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap peluang pasar di kawasan-kawasan tersebut semakin dimanfaatkan untuk terus meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia.

Hal tersebut mengemuka dalam serial webinar edukatif 'Mengoptimalkan Potensi Pasar"From KL to Sydney to Lagos' pada Senin (25/10/2021).Webinar tersebut merupakan kerjasama Kemendag dan Sekolah Ekspor. Hadir sebagai narasumber Atase Perdagangan Kuala Lumpur, Malaysia Deden Muhammad Fajar Shiddiq; Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney, Australia Ayu Siti Maryam; Kepala ITPC Lagos, Nigeria Hendro Jonathan; dan Analis Perdagangan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag Hesty Syntia P.K.

Baca Juga : Seorang Pencuri Komplotan Bongkar Rumah Disergap Polisi di Jalan Karya Damai Medan

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemendag Ani Mulyati yang memberi pidato kunci menyatakan optimismenya bahwa kegiatan ini dapat memberi semangat baru dalam menggencarkan ekspor Indonesia ke wilayah Asia, Australia, dan Afrika. Hal itu termasuk mencetak lebih banyak anak muda yang berkeinginan untuk berkecimpung di dunia ekspor.

“Webinar edukatif yang menggali potensi dagang Indonesia dengan kawasan dan negara potensial akan memberi kesempatan lebih luas bagi calon eksportir dan eksportir pemula untuk mempersiapkan diri dan mengekspor sebanyak-banyaknya. Usaha meningkatkan kinerja ekspor secara berkelanjutan perlu kita gencarkan dengan mencetak eksportir-eksportir baru, khususnya dari kalangan generasi muda dan UMKM,” ujar Ani dilansir dari laman kemendag.


Tag: