Ekonomi

Polda Sumut Dalami Kelangkaan Minyak Goreng



Polda Sumut Dalami Kelangkaan Minyak Goreng
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) mengaku tengah mendalami kelangkaan yang tengah terjadi di pasaran. Kendati begitu, Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol John Charles Edison Nababan menyebutkan, sejauh ini tim satgas pangan yang telah terbentuk belum menemukan adanya penimbunan minyak goreng.

"Tentunya kalau ditemukan adanya penimbunan kita akan proses. Namun sejauh ini belum ada kita temukan," ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/02/2022) malam.

Lebih lanjut John menyebutkan, tim khusus yang dibentuk ini bertugas mendalami penyebab kelangkaan minyak goreng yang terjadi. Dia menjelaskan, timnya ini nantinya juga akan berkoordinasi dengan toko-toko modern hingga tradisional yang ada di pasar, termasuk berkoordinasi dengan Disperindag Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"Jadi, kita kan ada satgas Pangan yang sudah kita bentuk. Karenanya dengan adanya informasi kelangkaan minyak goreng ini kita (akan) terus bergerakuntuk mencegah adanya penimbunan," jelasnya.

Menurut John, minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok yang tetap harus tersedia di pasaran dan harganya harys sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. Untuk itu, dia menekankan, kepada produsen minyak goreng agar mempedomani kebijakan pemerintah, khususnya Kemendag tentang Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).

"Kita juga sudah imbau para distributor jangan sampai terjadi penimbunan terhadap bahan pokok kebutuhan masyarakat," ujarnya.


Tag: