Politik & Pemerintahan

Mendagri Apresiasi Tingginya Realisasi Anggaran Pemprov Sumut



Mendagri Apresiasi Tingginya Realisasi Anggaran Pemprov Sumut
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) atas capaian realisasi belanja daerah dengan persentase sebesar 49,30% dari total belanja daerah. Serta melampaui angka persentase realisasi belanja daerah provinsi secara nasional sebesar 40,29%.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Surat Mendagri bernomor 903/4304/SJ tertanggal 12 Agustus 2021.

“Bersama ini disampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas pencapaian realisasi belanja daerah dengan persentase sebesar 49,30% dari total belanja daerah serta melampaui angka persentase realisasi belanja daerah provinsi secara nasional sebesar 40,29%,” sebut Mendagri Tito Karnavian, dalam surat tersebut.

Apresiasi ini, kata Mendagri, merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemprov Sumut yang telah mendukung kebijakan Pemerintah terkait percepatan realisasi belanja daerah dalam APBD Tahun Anggaran 2021, sebagaimana dimaksud dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/3687/SJ tanggal 28 Juni 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan APBD TA 2021 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

“Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan tetap konsisten dan berkesinambungan dalam mempertahankan laju capaian realisasi pendapatan dan belanja daerah dalam APBD untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujar Mendagri.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Mendagri atas capaian realisasi APBD Sumut 2021. Menurut Gubernur, sejak awal tahun, Pemprov Sumut terus berupaya mendorong percepatan realisasi APBD. Antara lain dengan melakukan percepatan proses pengadaan barang/jasa dan penyerapan anggaran.


Tag: