Politik & Pemerintahan

Diskusi Bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah, Rektor Paramadina Bahas Peran Politik Luar Negeri ASEAN Hadapi Tantangan Global



Diskusi Bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah, Rektor Paramadina Bahas Peran Politik Luar Negeri ASEAN Hadapi Tantangan Global
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Hubungan bilateral Indonesia-Malaysia memiliki peran yang penting dalam usaha untuk memperkuat ASEAN. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Malaysia YB Dato’ Saifuddin Abdulah dalam Diskusi bertajuk “Memperkuat Peran Politik Luar Negeri ASEAN dalam Menghadapi Tantangan Global” di Universitas Paramadina (18/10/2021).

Dalam diskusi yang diselenggarakan Universitas Paramadina bekerjasama dengan Institut Darul Ehsan " Malaysia dan KedaiKOPI Dato’ Saifuddin menyatakan bahwa Malaysia-Indonesia ini memiliki bersama persamaan. "Dari segi political security arrangement ASEAN tidak ditemui masalah berat. Kemalangan jiwa, peperangan antara satu wilayah dengan wilayah lain bisa kita elakkan sejak ASEAN dikukuhkan,” katanya melalui siaran pers Paramadina, Senin (18/10/2021).

ASEAN centrality dan asean consensus juga berhasil mempertahankan kawasan ini khususnya laut Cina Selatan dari ancaman yang besar. “Traditional security treat dari luar khususnya dari cina yang paling dekat dengan kita. Walaupun kita tahu kita ada case-case dimana china coast goard boat itu datang ke perairan kita,” sambungnya.

Baca Juga : Upayakan Kesadaran Moderasi Beragama, Universitas Paramadina dan Unmaha Gandeng BPIP

Yang terbaru tentang AUKUS, Australia ingin membuat kapal selam bertenaga nuklir, hingga menlu Australia menghubunginya. “Saya beritahu secara jenaka It is not make different to Malaysian, it still nuclear,” jawab Dato’ Saifuddin.


Tag: