Peristiwa

Tim Sekretariat Kabinet RI Monitoring dan Tindak Lanjuti Arahan Presiden Terkait Food Estate di Humbahas



Tim Sekretariat Kabinet RI Monitoring dan Tindak Lanjuti Arahan Presiden Terkait Food Estate di Humbahas
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Tim Sekretariat Kabinet RI Monitoring dan Tindak Lanjuti Arahan Presiden Republik Indonesia terkait Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional melalui Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Adapun Tim Sekretariat Kabinet yang hadir, Asdep Bidang Pertanian, Ketahanan Pangan, Riset dan Teknologi, Ida Dwi Nilasari, Kabid Ketahanan Pangan Zaenal Arifin, Kasubbid Sarana dan Prasarana Pangan Aprillian Winata, Analisa Hukum pada Subbid Peternakan dan Perkebunan Nabila Azwida Faradisa dan Staf Setyarini Lestar bersama rombongan yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan didampingi Sekda Tonny Sihombing, Asisten, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Pimpinan OPD terkait.

Baca Juga : Ponpes se Kabupaten Asahan Laksanakan Porseni Santri, Sambut Gelar HSN 2021

Food Estate di Humbahas ditujukan untuk pengembangan Hortikultura dengan target luasan sebesar 23.365,97 hektar. Food Estate yang telah terlaksana seluas 215 hektar di Kecamatan Pollung dengan rincian 200 ha dikelola Ditjen Hortikultura Kementan dan 15 ha dikelola oleh Balitbang Kementan. Tahun 2021 direncanakan melanjutkan Pengembangan Food Estate 1.000 hektar dengan pola kerjasama antara Kelompok Tani dengan beberapa Offtaker dari Perusahaan Swasta meliputi Indofood, Wings, Champ, BISI, Ewindo, Parnaraya dan Eden Farm.

PT Parnaraya telah melaksanakan Demonstations Plot (Demplot) untuk komoditas bawang putih seluas 1,2 ha degan sistem irigasi tetes seluas 0,7 ha. PT. Indofood melaksanakan demplot komoditas kentang seluas 3 ha dan telah melaksanakan panen untuk lahan seluas 2 ha dan rencana panen 1 ha pada bulan September. PT. Eden Farm melaksanakan Demplot seluas 2, 8 ha, telah ditanam benih bawan merah dan kentang dengan 0,5 ha irigasi tetes.


Tag: