Peristiwa

Sehari, 937 Orang di Sumut Positif Covid-19, RSUP Haji Adam Malik Siap Hadapi Lonjakan Pasien



Sehari, 937 Orang di Sumut Positif Covid-19, RSUP Haji Adam Malik Siap Hadapi Lonjakan Pasien
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kasus baru warga di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang terkonfirmasi Covid-19 pada Jumat (16/07/2021) bertambah 937 orang, setelah sebelumnya mencatatkan rekor 1.127 kasus.Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) Medan pun sudah menyiapkan diri menghadapi lonjakan pasien Covid-19 jika seandainya terjadi.

Sub Koordinator Hukormas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, untuk saat ini untuk Bed Occupancy Rate (BOR) yang terisi juga kapasitasnya masih di kisaran 51 persen."Berdasarkan pertanggal 15 Juli 2021, BOR kita terisi sebanyak 88 bed dari 173 bed yang tersedia. Hal itu baik untuk ruang rawat isolasi biasa maupun ICU," ungkapnya.

Baca Juga : Pedagang Kopi Ditangkap Polisi Sebab Langgar PPKM Darurat, Tak Hanya Dikurung, Rakesh Juga Bayar Denda

Oleh karena itu, menurut Rosa, sejauh ini RS milik Kemenkes ini masih akan melihat bagaiman situasi perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di Sumut dan Kota Medan. Bila seandainya nanti dibutuhkan, maka kata dia, RSUPHAM tentu akan membuka kemungkinan dalam melakukan penambahan kapasitas BOR.

"Sebenarnya rencana-rencana penambahan itu ada. Tapi melihat situasi sekarang, tempat tidur yang belum terisi juga masih ada. Apalagi pasien umum (penyakit diluar Covid-19) saat ini juga angkanya sudah naik. Namun kalau dibutuhkan penambahan ya kita siap," jelasnya.

Lebih lanjut Rosa menerangkan, RSUPHAM juga sudah membuat skala prioritas sesuai standar Komite Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) yang dimiliki rumah sakit. Jadi, sambungnya, pihaknya sudah memetakan mana ruangan yang layak atau bisa dijadikan ruangan Covid-19, bila nantinya memang harus dilakukan penambahan."Tapi harapannya, semoga tidak terjadi lonjakan. Semua sehat-sehat agar kita bisa kembali seperti dulu, dan Covid-19 ini bisa hilang," tuturnya.


Tag: