Peristiwa

Komisi I DPR RI : Kelompok Bersenjata di Papua Layak Disebut Teroris



Komisi I DPR RI : Kelompok Bersenjata di Papua Layak Disebut Teroris
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Anggota Komisi I tersebut menilai KKB atau KSB bisa disebut pelaku terorisme. Alasannya, karena aksi teror mereka sudah meresahkan masyarakat seperti menebar ancaman, menyandera, membakar, membunuh, memperkosa, menyiksa dan menculik warga sipil, dengan motif politik.

“Saya setuju dan mendukung wacana Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, disebut sebagai pelaku terorisme,” kata Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi, di Jakarta, Senin (15/03/2021).

Hal ini ia sampaikan menanggapi wacana redefinisi KKB dan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) di Papua yang tindakannya beberapa waktu terakhir bertindak selayaknya teroris. “Tindakan KKB tersebut sudah seperti teroris,” tegasnya.

“Ini bisa menjadi konstruksi sosial politik penengah di mana kriminal dengan sedikit persenjataan adalah wewenang polisi, sedangkan separatis adalah penanganan secara militer dilihat dari motif,” kata anggota Komisi I.

Baca Juga : KSB Sandera Pesawat di Kabupaten Puncak Papua

Menurut Politikus Golkar, meredifinisi KKB dan KSB di Papua merupakan bagian dari upaya penanggulangan aksi kekerasan di Papua secara komprehensif dan terstruktur. “Dengan adanya redifinisi tersebut bisa mempercepat upaya menurunkan tensi ketegangan di Papua dan mempertahankan keutuhan NKRI, sehingga kedamaian di tanah Papua akan segera terwujud,” harapnya.


Tag: