Peristiwa

Dua Tahun Buron, Crazy Rich Samin Tan Ditangkap KPK



Dua Tahun Buron, Crazy Rich Samin Tan Ditangkap KPK
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Satu per satu tersangka yang selama ini buron dijerat KPK. Namun ada satu nama tersohor yang selama ini tak juga dalam genggaman penyidik antikorupsi itu. Siapa dia?

Sebelumnya pada 5 April 2021 tim KPK telah menangkap salah satu buronan yang cukup lama menghilang yaitu Samin Tan. Dia ditangkap tanpa perlawanan di bilangan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Samin Tan selaku pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal merupakan tersangka kasus dugaan suap karena diduga memberi suap Rp 5 miliar kepada Eni Saragih. Samin diduga memberi suap kepada Eni agar membantu anak perusahaan miliknya, PT Asmin Kolaindo Tuhup (AKT), yang sedang bermasalah. KPK mengatakan permasalahan itu terkait Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) Generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dan Kementerian ESDM.

KPK menduga saat itu Eni sebagai anggota DPR di Komisi Energi menyanggupi permintaan bantuan Samin Tan. Eni diduga berupaya mempengaruhi pihak Kementerian ESDM, termasuk menggunakan forum RDP dengan Kementerian ESDM, di mana posisi Eni adalah sebagai anggota Panja Minerba di Komisi VII DPR.

Baca Juga : Aset Rampasan KPK Senilai Rp13 Miliar Diterima Kemenag, Bakal Dibangun Madrasah dan KUA

Namun KPK masih memiliki pekerjaan rumah untuk mengejar buronan lainnya. Siapa saja?

1. Harun Masiku
Tindak pidana korupsi memberi hadiah atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara.


Tag: