Pendidikan

Guru MAN 1 Langkat Terpilih Jadi Tim Penulis Soal AKMI Dirjen KSKK Kemenag RI Tahun 2021



Guru MAN 1 Langkat Terpilih Jadi Tim Penulis Soal AKMI Dirjen KSKK Kemenag RI Tahun 2021
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Salah seorang guru MAN 1 Langkat, Rubianto S.Pd MM, terpilih mewakili propinsi Sumatera sebagai tim penulis soal Asesment Kompetensi Madrasah Indonesia Kemenag RI tahun 2021 jenjang Madrasah Aliyah bidang literasi numerasi dan sains.

Sebagai bentuk partisipasi terhadap program yang dijalankan oleh Kementerian Agama MAN 1 mengutus Rubianto untuk mengikuti seleksi sebagai penulis tahun 2020 dan akhirnya lulus menjadi satu-satunya penulis soal asesmen kompetensi Madrasah Indonesia utusan dari Sumatera Utara untuk tingkat Madrasah Aliyah. Proses penulisan soal asesmen tersebut juga telah dilewati melalui banyak tahapan baik melalui tahapan daring secara online maupun tahapan secara luring yang diawali dari kota Malang kemudian Yogyakarta, kemudian Depok, kemudian Bali, dan ditutup dengan kegiatan luring di kota Makassar Sulawesi Selatan.

Bertempat di Hotel Claro Makassar kegiatan penulisan soal asesmen kompetensi madrasah Indonesia atau yang disingkat AKMI telah menyelesaikan programnya. Dalam hal ini ini instrumen soal yang nantinya akan menjadi bahan uji untuk kegiatan AKMI di Madrasah seluruh Indonesia.

Baca Juga : MAN 1 Deli Serdang Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 kepada Peserta Didik

Kegiatan yang sudah berlangsung hampir 1 tahun lamanya untuk mendapatkan soal yang berkualitas ini telah ditutup oleh Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Dirjen KSKK Kemenag RI Ahmad Hidayatullah, sebagai perwakilan dari Direktur Jendral KSKK kementerian Agama.

Rubianto menyampaikan, setelah kegiatan penulisan soal ini selesai, nantinya komponen 2 dari Kementerian Agama akan melakukan tindak lanjut. "Seperti adanya kegiatan instruktur AKMI di setiap provinsi dan kabupaten yang nantinya akan memberi pemahaman tentang bagaimana sistem pembelajaran dan sistem asesmen yang akan diterapkan pada siswa di ujianAKMI tahun berikutnya," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (15/10/2021).

Keikutsertaan Rubianto dalam kegiatan penulisan soal AKMI tersebut tidak terlepas dari peran dan dukungan Kepala MAN 1 Langkat Sugiono S.Ag, MA yang sangat mendukung setiap gurunya untuk berkreasi, berpartisipasi, dan berprestasi di setiap bidang sebagai bentuk semangat para pendidik yang ingin membangun madrasah di Indonesia lebih baik di masa mendatang. Tidak hanya dukungan moril, namun sering juga Kepala Madrasah tersebut memberikan dukungan materiil kepada setiap guru yang memerlukan bantuan saat proses kegiatan sedang berlangsung. (BS09)


Tag: