Pendidikan

Balitbang Kota Medan Gelar Seminar Proposal Terkait Analisis Pengelolaan Program Literasi Sekolah



Balitbang Kota Medan Gelar Seminar Proposal Terkait Analisis Pengelolaan Program Literasi Sekolah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Pemko Medan melalui Badan Penelitian & Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar seminar proposal terkait dengan analisis pengelolaan program literasi sekolah di kota Medan yang digelar di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (14/10/2021).

Seminar proposal ini dibuka langsung oleh Kepala Balitbang Kota Medan, Ir. Irwan Ritonga M.Si. Diikuti oleh sejumlah peserta seminar yang berasal dari OPD terkait di lingkungan Pemko Medan, tim pokja jaringan penelitian dan pengembangan pendidikan di Kota Medan, tenaga ahli penelitian analisis pengelolaan program literasi sekolah di Kota Medan, serta Kepala SMP dan SD Negeri di Kota Medan.

Irwan Ritonga dalam sambutan pembukaanya mengatakan kecintaan pada buku akan senantiasa tercermin pada kemampuan literasi dan prilaku. Terlebih dalam menyikapi banyaknya berita hoax yang sering beredar di media sosial. Untuk menumbuhkan kecintaan membaca buku tersebut, Pemerintah meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diharapkan memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23 tahun 2015.

Baca Juga : Kemkominfo Gelar Webinar Literasi Digital di Pematangsiantar

"Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku sebelum waktu belajar dimulai. GLS ini bertujuan membiasakan dan memotivasi para siswa untuk mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti, dan dalam jangka panjang diharapkan dapat menghasilkan anak-anak yang memiliki kemampuan literasi yang tinggi," jelas Irwan Ritonga.


Tag: