Kesehatan

Kapuskes TNI Sebut Pelacakan Kontak Erat Yang Baik, Kunci Utama Memutus Rantai Transmisi Covid-19



Kapuskes TNI Sebut Pelacakan Kontak Erat Yang Baik, Kunci Utama Memutus Rantai Transmisi Covid-19
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Pelacakan kontak erat yang baik menjadi kunci utama dalam memutus rantai transmisi Covid-19. Elemen utama pada implementasi pelacakan kontak adalah pelibatan dan dukungan masyarakat, perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan situasi wilayah, masyarakat dan budaya, dukungan logistik, pelatihan dan supervisi, serta sistem manajemen data pelacakan kontak.

Demikian araha Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr Tugas Ratmono SpS MARS MH, yang dibacakan oleh Kaunitkerma Baktikes Puskes TNI Kolonel Kes dr Mintoro Samego MS, pada saat menutup acara Workshop Tracer Covid-19 bagi 2.000 peserta Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua secara daring, bertempat di ruang rapat Puskes TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (05/08/2021).

Kapuskes TNI menyampaikan, keterlibatan masyarakat juga sangat penting untuk memastikan tidak adanya stigma yang muncul pada orang-orang yang masuk kategori kontak erat. “Komunikasi yang baik dan jelas serta kedekatan baik secara sosial maupun budaya dapat mempermudah pelacakan kontak,” ujarnya.

Baca Juga : 2.000 Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga Wilayah Sumatera dan Kalimantan Dilatih Jadi Tracer Covid-19

Lebih lanjut, Kapuskes TNI mengatakan bahwa, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan TNI-Polri untuk membantu tugas tenaga kesehatan dengan menyiapkan tenaga tracer hingga level daerah, dimana penyiapan tenaga tracing ini juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air melalui penguatan 3T dan 3M. “Untuk memperkuat kedua program tersebut memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan handal dengan jumlah yang besar,” katanya.


Tag: