Ekonomi

Pelindo 1 Optimalkan Fasilitas dan Inovasi Baru, Tingkatkan Produktivitas Layanan TCK Belawan



Pelindo 1 Optimalkan Fasilitas dan Inovasi Baru, Tingkatkan Produktivitas Layanan TCK Belawan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) meningkatkan fasilitas layanan dan inovasi di Terminal Curah Kering Pelabuhan Belawan dengan pengoptimalan Terminal Curah Kering (TCK) di Pelabuhan Belawan. Dengan mengoperasikan fasilitas Conveyor yang dipadukan dengan sistem operasi dan teknologi yang terpadu serta SDM yang ahli, adanya fasilitas ini bertujuan agar kegiatan bongkar komoditas curah kering menjadi lebih cepat, efektif dan efisien dengan produktivitas dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Ridwan Sani Siregar mengatakan, operasi dan pengoptimalan serta inovasi sistem operasional di Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan bekerjasama dengan PT FKS Solusi Logistik. "Layanan ini menggunakan sistem mekanisasi terpadu yang dipantau secara realtime dengan system IT yang terintegrasi. Operasional TCK menggunakan conveyor dimana proses muatan dari kapal dibongkar ke conveyor, dan muatan akan langsung menuju gudang penyimpanan serta timbangan yang dimonitoring full dengan CCTV," ujarnya melalui siaran pers, Senin (10/05/2021).

Sebelumnya, kegiatan bongkar muat curah kering di Pelabuhan Belawan menggunakan metode Truck Lossing. Dimana barang dibongkar dari kapal langsung dimuat ke armada angkutan (truck) untuk kemudian dibawa (angkut) menuju gudang. "TCK Pelabuhan Belawan ini juga dilengkapi dengan teknologi Telescopic Chute, yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran muatan curah, mengurangi debu dan potensi loss cargo jadi lebih kecil," sambung Ridwan.

Baca Juga : Semarak Ramadan 1442 H, Pelindo 1 Gelar Berbagai Kegiatan dan Salurkan Bantuan kepada Masyarakat

Dijelaskannya, teknologi ini merupakan yang pertama kali digunakan di TCK khusus grain/pangan di Indonesia dan dalam skala besar pertama kali diterapkan di Pelabuhan Belawan. Selain itu, TCK Pelabuhan Belawan juga dilengkapi dengan teknologi magnetic separator, untuk menyaring material besi yang terdapat dalam cargo secara otomatis, sehingga lebih aman. "TCK Pelabuhan Belawan memiliki fasilitas conveyor sepanjang 388 m dan produktivitas 850 sd 900 Ton/jam, gudang seluas 6.912 m 2 dengan kapasitas 30.000 ton, truck loading conveyor sebanyak 4 unit dan dermaga dengan daya dukung 2,5 ton/m2," paparnya.


Tag: