Ekonomi

Jaga Pasokan Komoditas Hortikultura, Pj Sekdaprovsu: Diperlukan Regulasi Tentang Pola Tanam



Jaga Pasokan Komoditas Hortikultura, Pj Sekdaprovsu: Diperlukan Regulasi Tentang Pola Tanam
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Kekurangan pasokan sejumlah komoditas hortikultura seperti cabai merah dapat menyebabkan terjadinya inflasi. Karena itu pasokan komoditas pertanian tersebut harus tetap dijaga, antara lain dengan membuat regulasi yang menentukan pola tanam komoditas ini di Sumut.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Sumut Afifi Lubis pada saat membuka Focus Group Discussion mengenai pola tanam komoditi holtikuktura strategis Sumut di Hotel Garuda, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Selasa (26/10/2021).

Menurut Afifi, regulasi diperlukan untuk mengikat kabupaten/kota agar terintegrasi dalam hal pola tanam komoditas holtikultura. Seperti usaha penjualan buah durian “Ucok Durian” yang tidak pernah kehabisan stok durian sepanjang tahun. Hal itu disebabkan lantaran pola panen durian yang tidak sama di setiap daerah di Sumut.

Baca Juga : Pj Sekdaprovsu Afifi Lubis Minta Percepatan Akses Keuangan Daerah Harus Jadi Prioritas Seluruh Pemangku Kepentingan

Berbeda dengan cabai merah yang terkadang ditanam bersamaan di setiap daerah. Sehingga pada akhirnya cabai merah dipanen secara bersamaan, sehingga cabai menumpuk dan harga jualnya pun anjlok. Namun di lain waktu stok cabai merah malah kurang dan harganya pun tinggi. "Cabai merah ini begitu pentingnya bagi kita, sehingga memberikan pengaruh inflasi," kata Afifi.


Tag: