Wisata

Menag Dorong PPIU Berinovasi Wisata Halal Nusantara



Menag Dorong PPIU Berinovasi Wisata Halal Nusantara
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengakui kondisi pandemi berdampak kepada seluruh sendi kehidupan masyarakat, termasuk penyelenggaraan haji dan umrah. Hal ini tentu memberi dampak bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Karenanya, inovasi dan ide cemerlang pun dibutuhkan untuk menyiasati hal tersebut.

Misalnya, PPIU dan PIHK dapat membuat paket Wisata Halal Nusantara. Dalam paket ini, dipadukan wisata nusantara dengan wisata kuliner halal di berbagai daerah di Indonesia. Makanan khas dari masing-masing daerah dapat dijadikan sebagai rangkaian destinasi wisata selain alam dan budaya yang ada di daerah tersebut.

Hal ini disampaikan Menag saat membuka GAPHURA (Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara) Webinar Series sekaligus menjadi keynote speaker, di Jakarta. "Inovasi dan ide-ide cemerlang dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam bersama-sama keluar dari permasalahan ini," ujar Menag dilansir Kemenag.go.id, Rabu (21/07/2021).

Baca Juga : Ini Dua Skema Kemenag Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk UMK

Ide memadukan paket wisata nusantara tersebut dengan wisata kuliner halal dilontarkan Menag dengan memaparkan sejumlah data. Menurutnya, pada masa sebelum pandemi Tahun 2019 yang lalu, Indonesia telah menduduki peringkat pertama wisata muslim dalam penilaian Global Muslim Travel Index (GMTI) mengalahkan Malaysia. "Bahkan di tahun-tahun tersebut, wisata muslim tumbuh berkembang sebanyak 27% per tahun, jauh diatas perkembangan wisatawan dunia yang hanya 6,4% per tahun," katanya.


Tag: