Politik & Pemerintahan

Rakornas Dukcapil Ditutup, 514 Daerah Bergerak Menuju SIAK Terpusat



Rakornas Dukcapil Ditutup, 514 Daerah Bergerak Menuju SIAK Terpusat
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertajuk 'SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman' di Hotel Grand Hyaat, Bali.

Zudan mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti hasil rumusan Rakornas untuk dikerjakan mulai pada 2022. Sebab, diakui Zudan, ada program yang belum berhasil diralisasikan pada 2021 secara tutas. Program SIAK Terpusat adalah program yang wajib dilaksankan dan dituntaskan. “Itu akan kita kerjakan terus. Tahun ini kita install di 514 semuanya. 8 di 2020, 50 di 2021, sisanya di 2022,” katanya.

Baca Juga : 15 Perusahaan Pemenang Lelang 65 Titik E-Parking Teken MoU dengan Dishub Kota Medan

Zudan juga menyampaikan pihaknya akan tetap melakukan jemput bola, mendatangi kolompok masyarakat untuk melakukan perekaman dokumen kependudukan. Upaya ini dilakukan karena Dukcapil ingin penyelenggaran Pileg, Pilpres dan Pilkada pada 2024 berjalan sukses.

“Di 2022 dan 2023 itu full kita jemput bola, persiapan Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024. Kemudian peningkatan kualitas pelayanan dan integrasi data. Itu pekerjaaan besar kita diluar pemberian identitas yang terus kita lakukan,” tandas Zudan.


Tag: