Politik & Pemerintahan

Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Pembangunan TSTH2 di Humbahas, Gubernur Sumut Tekankan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera



Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Pembangunan TSTH2 di Humbahas, Gubernur Sumut Tekankan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Desa Huta Nauli, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) seluas 15 Ha. Pemanfaatan kawasan hutan tersebut pun menjadi catatan bagi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menekankan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada acara Peletakan Batu Pertama sekaligus Penandatanganan Prasasti Pembangunan TSTH2 bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Sumut serta sejumlah Wakil Menteri, Kamis (23/12/2021). Turut mendampingi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan Wakil Bupati Humbahas Oloan Nababan.

Dalam sambutannya, Luhut menyebutkan bahwa pembangunan TSTH2 tersebut tidak akan terlaksana tanpa kerja sama dari semua pihak terkait, yakni pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, pihak swasta, lembaga pendidikan/penelitian, serta yang utama dukungan masyarakat khususnya pemangku adat setempat. "Sekai lagi, ini bukan kerja satu orang, tetapi kerja tim. Kalau kita bekerja tim, mudah-mudahan hasilnya akan baik. Jadi jangan pernah anda menjadi striker semua, tetapi ada peran masing-masing," sebut Luhut.

Baca Juga : Wabup Tegaskan Pejabat di Humbahas Beri Respon Cepat dan Tepat kepada Masyarakat

Dirinya pun berterima kasih kepada pemerintah daerah serta TNI/Polri yang turut membantu terlaksananya rencana pengembangan kawasan hutan dengan tujuan khusus ini. "Secara khusus kami sampaikan kepada pihak (kerja sama) yang akan membangun ini, harus bekerja dengan baik. Karena nanti peneliti kita dan juga dari luar akan datang kemari. Apalagi ada Institut Teknologi Del yang bisa mendorong untuk penelitian di sini. Jadi fasilitas di sini harus bagus," jelasnya.


Tag: