Politik & Pemerintahan

Dibuka Beberapa Jalur, Pendaftaran Balon Anggota KPU dan Bawaslu Dimulai Pada 18 Oktober



Dibuka Beberapa Jalur, Pendaftaran Balon Anggota KPU dan Bawaslu Dimulai Pada 18 Oktober
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Tim Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu mengumumkan bahwa Pendaftaran bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan bakal calon (Balon) anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan dibuka perdana pada 18 Oktober 2021 sebagai tanda dimulainya tahapan seleksi. Hal itu diumumkan Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro di Sekretariat Tim Seleksi, Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

“Jadi tanggal 18 Oktober 2021, hari Senin yang akan datang adalah hari pertama dimulainya masa pendaftaran bakal calon, pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 18 Oktober sampai 15 November 2021,” katanya dilansir dari laman kemendagri, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga : Oknum Mahasiswa USU yang Terjaring BNN Akan Dijadikan Duta Anti Narkoba

Pendaftaran akan dibuka dalam beberapa jalur, di antaranya membuka layanan pendaftaran di Sekretariat Tim Seleksi di Kantor Kemendagri, membuka layanan via Pos, juga melalui jalur pengiriman pendaftaran lewat aplikasi yang sudah disediakan oleh Tim Seleksi melalui https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id."Jadi ada 3 cara bagi masyarakat yang mau mendaftarkan diri menjadi calon KPU maupun Bawaslu yang sudah kami sediakan," lanjutnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Pasal 23 ayat (4) dan Pasal 119 ayat (4) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu), Tim Seleksi akan bekerja melaksanakan seluruh tahapan secara objektif dalam jangka waktu paling lama 3 bulan setelah tim seleksi terbentuk.“Jadi 3 bulan ke depan kami akan bekerja untuk menghasilkan 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu,” terangnya.


Tag: