Peristiwa

Viral Bayi Diduga Dicovidkan, Ini Jawaban dari RSUD Pirngadi Medan



Viral Bayi Diduga Dicovidkan, Ini Jawaban dari RSUD Pirngadi Medan
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Terkait video viral yang menyebutkan kalau rumah sakit milik Pemko Medan telah mengcovidkan seorang pasien bayi, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan angkat bicara.Dalam video tersebut keluarga pasien nampak berada di salah satu ruangan RSUD Pirngadi. Sebelumnya, pasien berinisial K itu dirujuk dari salah satu rumah sakit swasta untuk dioperasi.

"Perlu saya sampaikan di sini, sesuai dengan informasi yang dikumpulkan, bahwasanya benar pasien dirawat. Ia dikirim dari rumah sakit swasta (di Kota Medan) yang direncanakan akan menjalani operasi di rumah sakit Pirngadi Medan," ujar Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Paranginangin kepada wartawan, Kamis (10/06/2021).

Baca Juga : Presiden Instruksikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dilaksanakan Ekstra Hati-Hati

Edison menyebutkan, pasien bayi itu masuk ke RSUD dr Pirngadi pada, Senin (7/6/2021) malam. Dia menjelaskan, ketika itu, pihaknya pun melakukan rapid antibodi, pada Selasa (8/6/2021) sekitar pukul 14.30 WIB, lantaran pandemi Covid-19 masih berlangsung."Hasilnya waktu itu reaktif," jelasnya.

Karena pasien mau dioperasi, kata Edison, pihak rumah sakit pun kembali melakukan screening dengan rapid antigen pada, Rabu (9/6/2021). Setelah ditunggu beberapa waktu, Edison membeberkan, bahwa hasilnya adalah negatif."Inilah pemicunya, reaktif itu dinilai positif padahal itu antibodi jadi munculah bahasa seakan-akan Pirngadi mengcovidkan. Kan kalau untuk menyatakan positif Covid-19 itu harus pemeriksaan PCR, ini PCR nggak ada dilakukan," tegasnya.


Tag: