Peristiwa

Pemakaman Pasien Probable Covid-19 Berjalan Sesuai Prokes



Pemakaman Pasien Probable Covid-19 Berjalan Sesuai Prokes
BERITASUMUT.COM/BS05

Beritasumut.com - Satu lagi pasien diduga (probable) Covid-19 yang meninggal dunia telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Khusus Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/08/2021) pagi. Meskipun keluarga masih datang ke lokasi pemakaman, namun keluarga tidak mendekati peti jenazah hingga jenazah benar-benar dimakamkan secara protokol kesehatan.

Tak hanya itu, tampak pengamanan lengkap juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 saat melakukan pemakaman sesuai prokes, Mulai berangkat dari rumah sakit hingga ke lokasi pemakaman dan selesai dimakamkan.

Sebelumnya pada Kamis (19/08/2021) di RS Elisabeth Medan, pasien laki laki berinisial HM warga Dusun VII Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, masuk dengan gejala awal sesak nafas dan dilakukan pemeriksaan antigen dengan hasil diagnosa terkonfirmasi Covid-19. Selanjutnya pasien menjalani isolasi khusus. Lalu pada Selasa (24/08/2021) pukul 21.35 wib di RS Elisabeth Medan, pasien dinyatakan telah meninggal dunia.

Baca Juga : Kematian Meningkat, Wali Kota Sibolga Bersama Satgas Gelar Rakor Pemulasaran Jenazah Terpapar Covid-19

Satgas Covid-19 Kecamatan Tanjung Morawa telah berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19 Desa Bangun Sari untuk dilakukan penyemprotan di rumah keluarga almarhum dan penerapan 3T terhadap orang kontak erat dan keluarga Almarhum, serta dilakukan swab, guna mendetekai penyebaran virus covid-19. Bila ada yang terkonfirmasi positif agar segera dilakukan Isolasi dan perawatannya.

“Kita berterima kasih pada keluarga yang sudah mengikuti aturan pemulasaran dan pemakaman terkait pasien probable ataupun diduga positif Covid-19, hingga terlaksana secara protokol kesehatan. Saya juga menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Tanjung Morawa untuk benar-benar dengan kesadaran senantiasa bisa mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan di setiap waktu dan tempat. Hal ini agar penularan Covid-19 dapat segera terhenti penyebarannya hingga kita dapat hidup sehat dalam situasi normal kembali," ujar Kapolsek Tanjung Morawa AKP Sawangin SH. (BS05)


Tag: