Peristiwa

Kepala KUA Medan Johor Serahkan AIW Mesjid Nurul Iman di Kelurahan Kedai Durian



Kepala KUA Medan Johor Serahkan AIW Mesjid Nurul Iman di Kelurahan Kedai Durian
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Medan Johor H. Ahmad Kamil, MA menyerahkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) Mesjid Nurul Iman yang beralamat di Jl. Stasiun Kelurahan Kedai Durian Medan Johor, pertengahan pekan ini.

Kepala KUA Medan Johor menyampaikan harapannya, bahwa setiap tanah wakaf di Kecamatan ini memiliki legalitas hukum. Sehingga ke depan seluruh aset kekayaan wakaf akan terjaga, terpelihara dengan baik dan dikembangkan sesuai dengan Peruntukannya (Pasal 1 angka 4 UU No.1 Tahun 2004). “Alhamdulillah kita bangga aset tanah wakaf Masjid Nurul Iman seluas 717 m2 kita pastikan sudah tertib administrasi. Mesjid ini sudah terdaftar pada database Nasional SIMAS dan harta wakaf juga sudah masuk dalam Aplikasi SIWAK. Baik persil lama maupun yang baru seluruhnya sudah memiliki Akta Ikrar Wakaf (AIW),” ungkapnya, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (15/10/2021).

Ahmad Kamil menjelaskan, AIW adalah akta autentik setingkat dengan keputusan pengadilan, oleh karena harus dijaga dengan baik. “Yang lebih menggembirakan lagi bahwa seluruh aset mesjid ini sudah punya Sertifikat Hak Milik (SHM). Kita minta nazir wakaf supaya bekerja dengan cepat melakukan permohonan ke BPN Medan untuk perubahan dari SHM Milik biasa ke Hak Milik Wakaf,” paparnya.

Baca Juga : Siapkan Program Sertifikasi Nazhir, Kemenag Gandeng BWI

Hadir pada kesempatan tersebut Pengurus BWI Kota Medan / Penyeleanggara Syariah Bonggal Ritonga, MAP, rombongan KUA Medan Johor di antaranya Penyuluh Agama Islam H. Marasakti Bangunan, MA, Penghulu Drs.Pangihutan Siregar, H. M. Arif Hasibuan, SAg, juga yang menangani Urusan Masjid dan tanah wakaf serta tokoh agama / masyarakat Medan Johor Drs. H Sahlan dan dari pihak Masjid hadir Pengurus BKM, Nazir Wakaf, Penasehat erta jemaah Masjid Nurul Iman.


Tag: