Peristiwa

Kemnaker Gandeng P3MI, Kunci Keberlangsungan BLK Komunitas Bidang PMI



Kemnaker Gandeng P3MI, Kunci Keberlangsungan BLK Komunitas Bidang PMI
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong calon pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Bidang Pekerja Migran Indonesia (PMI) agar sejak awal menjalin kerja sama dengan mitranya, yakni Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari, dilansir dari Kemnaker.go.id, Senin (12/04/2021) mengatakan kerjasama BLK Komunitas dengan mitra seperti P3MI sangat penting agar instrukturnya sesuai dengan standar P3MI, kurikulumnya sesuai, peralatan yang mau disediakan juga sesuai, dan proses penempatannya jelas.

"Kita ingin BLK Komunitas ini dari sejak awal sebelum berdiri, dia sudah punya mitra, dia tidak jomblo. Maka untuk keberlangsungan BLK Komunitas, kuncinya kerja sama dengan mitra," kata Dita pada acara Sosialisasi BLK Komunitas Bidang PMI wilayah Cianjur, Cirebon, Subang, dan Indramayu di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (12/04/2021).

Baca Juga : Pemerintah Utamakan Perlindungan dan Protokol Kesehatan bagi Pekerja Migran Indonesia

Dita menambahkan, ketika BLK Komunitas bidang PMI berdiri namun tidak mempunyai mitra, maka BLK Komunitas tersebut tidak memiliki standar pelatihannya, kebingungan terkait penempatannya, dan tidak dapat mandiri dalam mengelola. Sehingga pada akhirnya, BLK Komunitas tidak mampu menjawab keinginan pemerintah, yakni menjadi rantai bisnis. "Kita ingin BLK Komunitas menjadi bagian dari rantai bisnis. Jadi ada atau tidak anggaran dari pemerintah, BLK Komunitas tetap hidup," kata Dita.


Tag: