Peristiwa

Hari Peduli Sampah, Pemko dan Ikajara Medan Gerakkan Aksi Bersih Susur Sungai Deli dengan Cairan Eco Enzyme



Hari Peduli Sampah, Pemko dan Ikajara Medan Gerakkan Aksi Bersih Susur Sungai Deli dengan Cairan Eco Enzyme
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan, diwakili Kadis Pariwisata Drs H Agus Suriyono, melakukan gerakan Aksi Bersih Susur Sungai Deli dengan menuangkan cairan disinfektan ramah lingkungan (eco enzyme) di Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Medan Labuhan, Sabtu (06/03/2021).

Aksi Bersih Susur Sungai Deli ini memperingati Hari Peduli Sampah yang digelar Ikatan Jaka Dara (Ikajara) Kota Medan, Yayasan Khadijah Saraswaty, SD IT dan SMP Siti Hajar, serta berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan. Cairan eco enzyme merupakan hasil fermentasi sampah organik yang berfungsi mengurai limbah yang berdampak buruk bagi kelestarian hidup di sungai.

Dalam aksi ini, para pegiat lingkungan hidup itu menggunakan perahu bermotor dan boat untuk menyusuri sungai sembari membersihkan sungai dari sampah. Mereka menargetkan dapat mengumpulkan paling sedikit satu ton sampah.

Sambutan tertulis Wali Kota Medan yang dibacakan Kadis Pariwisata, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. "Kegiatan positif ini diharapkan berkelanjutan sehingga akan memberikan pengaruh optimal dalam upaya pelestarian lingkungan," ujar Drs H Agus Suriyono.

Dia menyebutkan, menjaga kebersihan sungai tidak cukup hanya mengandalkan para petugas kebersihan. Masyarakat harus terus diedukasi agar memiliki kesadaran untuk tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. "Tanpa ada kesadaran dan partisipasi warga untuk membuang sampah pada tempatnya, masalah sampah tidak akan pernah berakhir," sebutnya.

Di akhir sambutannya, Pemko mengajak seluruh warga Kota Medan agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan secara maksimal sampah yang bisa didaur ulang agar lingkungan menjadi asri dan nyaman. (BS04)


Tag: