Peristiwa

Bersama Walikota Medan dan Ketua Kadin Medan, Dubes Belarusia Kunjungi Rumah Tjong A Fie



Bersama Walikota Medan dan Ketua Kadin Medan, Dubes Belarusia Kunjungi Rumah Tjong A Fie
beritasumut.com/BS10

beritasumut.com - Berkunjung dan menyusuri sejarah Kota Medan di Sumatera Utara tidak akan lengkap jika belum jalan-jalan di kawasan Kota Tua. Salah satu saksi sejarah keberadaan Kota Medan adalah rumah milik bangsawan Tionghoa, Tjong A Fie. Letaknya di Jalan Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kota Medan.

Di antara himpitan bangunan tua lainnya, rumah Tjong A Fie yang didirikan tahun 1990 memang tampak berbeda. Selain pagar dan gapura dengan paduan warna kuning dan hijau, pepohonan rindang terlihat menutupi bangunan rumah.

Saat bangunan tersebut dijadikan sebagai Tjong A Fie Memorial Institute dan dikenal juga dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150.

Duta Besar Belarus Valery Kolesnik dalam kunjungan ke Kota Medan, menyempatkan diri menikmati kota Tua yang dicanangkan oleh Walikota Medan Bobby Nasution sebagai pelestarian budaya "The Heritage".

Kunjungan tersebut pada hari senin (06/06/2021) ditemanin oleh Ketua KADIN Medan Arman Chandra berserta rombongan pengurus yang tampak hadir Wakil Ketua Organisasi, Kelembagaan dan Keanggotaan M Iqbal Sinaga, Wakil Ketua Bidang Inkraf, Telematika, Kerjasama Daerah dan Luar Negeri Abdul Razak Nasution, Wakil Ketua bidang Perhotelan, Restorant dan Kuliner Feri Dika WE, Wakil Ketua Bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan Inggit Luimenta, Wakil Ketua bidang Investasi, Perdagangan dan Perindustrian Hafiz Iskandar Batubara, Komite Tetap KADIN Medan Joey G., M. Rahman, Fakhrizal, Sahala Siregar, Condrad Naibaho, Albert Masli dan beberapa pengusaha lokal Kota Medan. Kunjungan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Mimi Tjong, cucu perempuan dari Tjong A Fie menerima kunjungan Dubes Belarus dengan senang hati menerima kunjungan tersebut dan sambil memandu rombongan menjelaskan ruangan demi ruangan di Tjong A Fie Mansion.

Diawal menjelajahi rumah yang masih terlihat asli, saya diperkenalkan dengan foto keluarga Tjong A Fie.Di foto itu terlihat istri ketiga Tjong A Fie yang merupakan perempuan asli Medan serta anak dan cucunya.

Dinding-dinding rumah dipenuhi foto-foto Tjong A Fie di masa lalu, di sana terlihat saat bersama istri dan anak-anaknya.Di salah satu ruangan terdapat foto Sultan Deli.Tjong A Fie dikenal dekat dengan Sultan Deli yang berkedudukan di Istana Maimun dan merupakan mitra bisnis bidang perkebunan.

Usaha perkebunan Tjong A Fie adalah, kelapa, karet, kopi dan tembakau.Ruang tamu tersebut pun didekorasi warna kuning untuk menghormati Sultan Deli yang merupakan asli Melayu.Di ruangan tersebut masuk brankas yang berusia 100 tahun.

Selain ruangan khusus menerima Sultan Deli, ada juga ruangan untuk menerima tamu dari Eropa dan pribumi.Di ruangan itu kursi, meja dan partisi masih asli yang diimpor dari China.Dan ruang tamu yang terakhir adalah untuk menerima tamu dari kalangan Tionghoa.

Di lantai dua terdapat ruangan doa, ruang makan dan kamar anak Tjong A Fie, dari situ terlihat halaman belakang rumah yang memiliki luas 6.000 meter dengan luas bangunan 4.000 meter persegi.(BS10)


Tag: