Peristiwa

Dr Alpi Sahari SH MHum : Presisi Polri Berhasil Menghadapi Lingkungan Strategis



 Dr Alpi Sahari SH MHum : Presisi Polri Berhasil Menghadapi Lingkungan Strategis
beritasumut.com/ist

beritasumut.com -Hasil survei opini publik dinilai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri yang cukup tinggi tembus 80,2 persen.

Hal ini membuktikan bahwa program transformasi Polri yang Presisi telah berhasil menghadapi lingkungan strategis (Lingstra) yang mempengaruhi organisasi Polri dalam kerangka penguatan brand integrity Polri.

“Artinya transformasi Polri yang Presisi merupakan formula yang tangguh untuk menghadapi kondisi vuca (fenomena situasi perubahan sangat cepat dan cenderung tidak bisa ditebak) dalam lingkup pohon rindang organisasi Polri sebagai tempat berlindung masyarakat dari gangguan Kamtibmas dan Kamdagri,” ucap akademisi, Dr Alpi Sahari SH MHum, Kamis (09/12/2021).

Dikatakan Dr Alpi Sahari, kepemimpinan Polri berhasil melakukan dua pendekatan yang berkembang di dalam masyarakat yang terakumulasi di dalam transformasi Presisi yakni: Pertama, pendekatan ibi ius, ubi societas. Kedua, pendekatan fungsi social engineering bukan social machineering.

“Hal ini terlihat dari sikap tegas dan responsibilitas Kapolri, Jenderal Pol Listiyo Sigit yang dalam mengelola organisasi Polri berbasis pada keadilan transformatif yang selanjutnya diimplementasikan oleh jajarannya,” ujar Dr Alpi.

Hal ini, tambahnya, terlihat dari komitmen Kapolri agar kepala kesatuan wilayah bertanggungjawab atas organisasi yang dipimpinnya “ikan busuk dimulai dari kepala”. Keberhasilan atas peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri tidak terlepas juga dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap proses penegakan hukum yang terus meningkat.

“Ini tergambar dari implementasi program Presisi yang dilakukan oleh jajaran Bareskrim Polri dengan penekanan Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto untuk mengedepankan scientific, hati nurani dan penegakan hukum berbasis restorative justice.


Tag: