Pendidikan

Bobby dan Kahiyang Ajak Masyarakat Kota Medan Tingkatkan Indeks Literasi Dengan Manfaatkan Digitalisasi



Bobby dan Kahiyang Ajak Masyarakat Kota Medan Tingkatkan Indeks Literasi Dengan Manfaatkan Digitalisasi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap, meski di tengah situasi pandemi Covid-19 tidak mengurangi masyarakat untuk meningkatkan indeks Literasi. Artinya walaupun masyarakat tidak dapat mengunjungi secara langsung perpustakaan karena pembatasan pengunjung, masyarakat juga dapat menggunakan dan memanfaatkan Digitalisasi untuk meningkatkan literasi sehingga minat baca juga akan meningkat.

"Banyak pilihan yang tersedia bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan mendapatkan informasi di tengah Pandemi Covid-19. Selain datang langsung ke Perpustakaan Kota Medan, masyarakat juga dapat memanfaatkan digitalisasi dengan langsung mengakses E- Blok yang dikelola Pemko Medan dan aplikasi IPUSNAS yang dikelola langsung oleh Perpustakaan Nasional," kata Wali Kota Medan ketika menghadiri acara Peningkatan Indeks literasi masyarakat di Kota Medan yang digelar Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan di Aula Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kamis (24/06/2021).

Dijelaskan Bobby Nasution, Pemko Medan saat ini bersama DPRD Medan tengah membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Perpustakaan yang bertujuan salah satunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Medan. Selain melakukan penyuluhan minat baca kepada masyarakat, Pemko Medan juga mengikuti perkembangan dengan memanfaatkan digitalisasi.

Baca Juga : Aplikasi E-Pusda Kota Medan, Perpustakaan Medan Ikuti Perkembangan Teknologi dengan Hadirkan E-Book

"Untuk menumbuhkan minat baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Medan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dengan menghadirkan aplikasi E-Book melalui aplikasi E- Pusda Kota Medan. Namun demikian di era digital penyuluhan minat baca kepada masyarakat tetap dilakukan dan mengingatkan pentingnya membaca buku cetak, karena mempunyai Informasi yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," jelas Bobby Nasution.


Tag: