Olahraga

Menpora Buka Munas IOA ke-5, Zainudin Amali Harap Mantan Atlet Olimpiade Ikut Sukseskan DBON



Menpora Buka Munas IOA ke-5, Zainudin Amali Harap Mantan Atlet Olimpiade Ikut Sukseskan DBON
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Indonesia Olympian Associaton (IOA) ke-5 2021 di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Menpora RI berharap para mantan atlet Olimpiade ikut menyukseskan Desain Besar Olahraga Nasional atau yang populer dengan sebutan DBON. “Pemerintah membutuhkan kontribusi, masukan, dan pemikiran dari para mantan atlet Olimpiade. Para mantan atlet Olimpiade tentu telah membuat sejarah melalui prestasi yang diciptakan,” kata Zainudin Amali, dilansir dari Kemenpora.go.id, Selasa (21/12/2021).

Menpora menerangkan, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38. “Saat Haornas 2020, Presiden menyampaikan tidak masuk akal penduduk yang mencapai 260 juta jiwa, kita kesulitan mencari talenta,” sebutnya.

Baca Juga : Munas IPSI di Bogor, Menpora Amali Minta Pencak Silat Konsisten Sumbangkan Prestasi untuk Indonesia

Oleh karenanya, Presiden meminta Menpora untuk melakukan review total ekosistem keolahragaan nasional. Menpora Amali kemudian membuat langkah cepat yaitu berkoordinasi dengan para stakeholder, praktisi, serta akademisi olahraga. “Kita berdiskusi untuk memetakan permasalahan yang ada dari hulu hingga hilir. Tidak mungkin kita mendapat prestasi dari talenta yang tidak bugar. Nah, dalam DBON mengatur itu didalamnya. Kita harus benahi permasalahan yang ada,” jelas Menpora.


Tag: