Olahraga

Demi DBON, Menpora Galakkan Turnamen Basket Usia Muda



Demi DBON, Menpora Galakkan Turnamen Basket Usia Muda
beritasumut.com/dtc

beritasumut.com - Basket merupakan salah satu bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karenanya, turnamen basket di usia muda harus terus digalakkan.

Hal ini dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ketika menutup kompetisi basket antarpelajar SMA, Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021/2022 di GOR Cempaka Putih Sabtu (23/10/2021) malam WIB lalu.

Turnamen usia muda seperti DBL ini sangat erat keitannya dengan DBON yang terus digalakkan pemerintah. Apalagi DBON sudah masuk Peraturan Presiden (Perpres) no.86.

Dengan demikian, turnamen seperti DBL dan lainnya harus terus dijaga keberlangsungannya agar bisa mencetak atlet berbakat. DBL memang sudah rajin meneluarkan calon pebasket top dan bahkan kerap mengajak para pemainnya berkompetisi di Amerika Serikat.

"Pembinaan usia muda seperti Honda DBL ini sangat terkait erat dengan DBON. Untuk itu DBON ini harus segera disosialisasikan ke pusat dan daerah," ucap Zainudin Amali dalam rilis kepada detikSport.

"Kami pemerintah memiliki kepentingan terlebih memiliki DBON. 14 cabor yang didorong untuk olahraga prestasi dan 3 cabor yang kita dorong untuk industri atau sport industry yaitu sepakbola, bola basket dan bola voli. Saya mendukung kompetisi ini (DBL). Sebab, di kompetisi itulah para atlet bisa dilihat kemampuan dari hasil latihannya," sambungnya.

"Itulah sebabnya, saya sangat memiliki kepentingan terhadap kompetisi di semua cabor harus berjalan. DBL ini diikuti para pelajar yang nantinya menjadi bibit atlet yang kita harapkan nanti bisa masuk ke klub-klub dan ujungnya mengisi tim nasional kita," jelas Amali.


Tag: