Kesehatan

Total 31 Kabupaten/Kota di Sumut Boleh Vaksinasi Booster



Total 31 Kabupaten/Kota di Sumut Boleh Vaksinasi Booster
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Daftar Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebagai daerah yang boleh melaksanakan vaksinasi booster kembali ditambah. Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Nora Violita Nasution menyebutkan, saat ini totalnya menjadi 31 dari sebelumnya 29 Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan. "Iya benar sudah ada penambahan. Saat ini totalnya sudah 31 Kabupaten/Kota," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (13/01/2022).

Nora menjelaskan, penambahan dua daerah tersebut yakni Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Karenanya, sambung dia, saat ini hanya tinggal dua Kabupaten/Kota saja yang belum mendapatkan izin, yaitu Kota Padang sidempuan dan Kabupaten Padang Lawas. "Jadi kalau ditanya jumlah tempat pelayanan vaksin booster, berdasarkan profil kesehatan Provinsi Sumut adalah 607 puskesmas dan 53 rumah sakit pemerintah se-Sumut," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Taufik Ririansyah juga mengakui jika Kota Medan sudah diperbolehkan ikut melaksanakan vaksinasi booster. Dia menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi booster ini juga udah mulai bisa dilakukan di seluruh puskesmas dan rumah sakit rujukan. "Hari ini sudah bisa laksanakan kegiatan vaksinasi booster di berbagai tempat faskes puskesmas dan RS Rujukan seperti Pringadi," ucapnya.

Baca Juga : Tinggal Empat Kabupaten/Kota Yang Belum Bisa Melaksanakan Vaksinasi Booster

Adapun untuk vaksin yang tersedia untuk vaksinasi booster ini, bebernya adalah vaksin Pfizer. Hal ini, sebutnya, sesuai dengan persediaan stock yang ada di faskes karena suply vaksin dari Kemenkes belum tiba. Sementara itu, untuk persyaratan, tuturnya, sesuai arahan yang telah ditetapkan pemerintah dan gratis. "Syaratnya umur diatas 18 tahun, vaksinasi kedua sudah lewat enam bulan dan membawa KTP untuk mengisi data diri di aplikasi peduli lindungi," terangnya.


Tag: