Kesehatan

Tertinggal Satu Zona Orange, Sumut Bebas dari Zona Merah Covid-19



Tertinggal Satu Zona Orange, Sumut Bebas dari Zona Merah Covid-19
beritasumut.com/ilustrasi

beritasumut.com - Situasi pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini telah semakin jauh membaik. Di mana sebanyak 32 Kabupaten/Kota kini telah ditetapkan masuk sebagai daerah berzona kuning (risiko rendah) untuk tingkat risiko penyebaran Covid-19. Saat ini hanya menyisakan satu daerah saja yang berzona orange (risiko sedang).

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat, melalui website resminya di laman https://covid19.go.id/peta-risiko, Rabu (22/09/2021), satu daerah berzona orange tersebut ialah Kota Tebingtinggi.

Sedangkan 32 Kabupaten/Kota lainnya berzona kuning, masing-masing, Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Tanjungbalai, Labusel, Sibolga, Tapteng, Nias, Deliserdang, Dairi, Toba, Paluta, Padang Lawas, Gunung Sitoli.

Kemudian Labuhanbatu, Madina, Sergai, Batubara, Labura, Nias Utara, Medan, Binjai, Padangsidimpuan, Tapsel, Karo, Simalungun, Humbahas, Taput, Langkat, Asahan, Nisel dan Pematangsiantar.

Dibandingkan dengan pekan sebelumnya, jumlah daerah berzona kuning di Sumut masih sebanyak 28 Kabupaten/Kota. Sementara untuk daerah berzona orange masih terdapat lima daerah yaitu, Tebingtinggi, Sergai, Batubara, Labura serta Medan.

Seperti diketahui, perubahan status zonasi risiko Covid-19 Sumut ini dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 berdasarkan data hasil pembobotan skor pada 19 September 2021. Data itu didapat dari hasil setiap perhitungan indikator baik epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan yang diperbaharui secara mingguan.

Terpisah, berdasarkan data kasus harian Covid-19 yang dikeluarkan Kemenkes, Provinsi Sumut kembali memperoleh angka kesembuhan sebanyak 385 orang. Dengan penambahan tersebut, otomatis akumulasinya meningkat menjadi 98.132 orang dari sebelumnya 97.747 orang.


Tag: