Kesehatan

Kasus Covid-19 di Sumut Perlahan Membaik, 22 Daerah Zona Kuning, 11 Oranye



Kasus Covid-19 di Sumut Perlahan Membaik, 22 Daerah Zona Kuning, 11 Oranye
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com - Setelah beberapa pekan berada dalam situasi terparahnya, secara perlahan situasi pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai membaik. Bahkan untuk saat ini, Provinsi Sumut tidak memiliki lagi daerah berzona merah (risiko tinggi) dan diwaktu yang sama jumlah zona oranye (risiko sedang) semakin berkurang serta zona kuning (risiko rendah) semakin meningkat.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui website resminya, Rabu (08/09/2021), jumlah zona kuning di Sumut meningkat delapan daerah dibandingkan pekan lalu, yakni dari 14 menjadi 22 daerah. Kemudian zona oranye turun dari 14 menjadi 11 daerah, namun untuk zona hijau sejauh ini Sumut belum mendapatkannya kembali.

Adapun ke-22 daerah di Sumut yang berzona kuning masing-masing, Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Tanjungbalai, Tapteng, Nias, Dairi, Paluta, Labusel, Labuhanbatu, Madina, Batubara, Gunung Sitoli, Tapsel, Karo, Simalungun, Humbahas, Nias Utara, Padangsidimpuan, Taput, Asahan dan Nias Selatan. Lalu untuk zona oranye, masing-masing Tebingtinggi, Deliserdang, Toba, Sibolga, Serdangbedagai, Padang Lawas, Labura, Medan, Binjai, Langkat dan Pematangsiantar.

Baca Juga : Kadis Kominfo Irman Oemar Tegaskan Covid-19 di Provinsi Sumut Mulai Terkendali

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah ini dikeluarkan Satgas Covid-19 berdasarkan data hasil pembobotan skor pada 5 September 2021. Data itu didapat dari hasil setiap perhitungan indikator baik epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.


Tag: