Kesehatan

Hari Ini 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Dukungan Pemerintah AS Tiba di Tanah Air



Hari Ini 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Dukungan Pemerintah AS Tiba di Tanah Air
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin COVID-19 yang diperlukan untuk vaksinasi nasional. Hari ini, Kamis (15/07/2021) tiba sebanyak 1,5 juta dosis vaksin jadi Moderna, melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Kita kembali menerima kedatangan vaksin jadi Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis.Ini merupakan dukungan kerja sama Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut, secara virtual.

Selain vaksin Moderna ini, imbuh Menlu, malam nanti Indonesia juga akan menerima pengiriman tahap kedua vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 1.162.840 dosis, yang merupakan dukungan kerja sama bilateral dengan skema dose-sharing dari Pemerintah Jepang.

Baca Juga : Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Individu Wajib Menunggu Juknis Kemenkes

“Jumlah vaksin, baik dari Amerika [Serikat] maupun Jepang ini sejalan dengan komitmen, baik yang disampaikan Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Secretary Antony Blinken dan National Security Advisor Jake Sullivan, serta komunikasi saya dengan Menlu Jepang Motegi, baik melalui telepon maupun saat pertemuan di sela-sela KTM G20 di Italia, 29 Juni yang lalu,” ujarnya.


Tag: