Kesehatan

BPJS Kesehatan Medan Seleksi Faskes untuk Lanjutkan Kerjasama di Tahun 2022



BPJS Kesehatan Medan Seleksi Faskes untuk Lanjutkan Kerjasama di Tahun 2022
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - BPJS Kesehatan Cabang Medan tengah melakukan seleksi terhadap fasilitas kesehatan (faskes) yang ingin menjalin kerjasama. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Sari Quratul Ainy kepada wartawan, Rabu (13/10/2021) menyampaikan, seleksi tersebut dilakukan melalui proses kredensialing dan rekredensialing sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kredensialingsendiri merupakan suatu kegiatan dari BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi Faskes dengan peninjauan dan penyimpanan data-data berkaitan dengan pelayanan. Sedangkan rekredensialing merupakan kegiatan peninjauan ulang terhadap penyimpanan data-data Faskes tersebut. "Sedang proses (rekredensialing). Kalau ada FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang mau mengajukan kerja sama juga akan kami proses (kredensialing)," ungkapnya.

Lebih lanjut Sari menjelaskan, proses rekredensialing dilakukan kepada Faskes yang sudah atau ingin melanjutkan kerjasama di tahun 2022. Saat ini kata dia, proses tersebut sedang berjalan. "Faskes yang melanjutkan kerjasama juga di rekredensialing. Nanti perjanjian kerjasamanya dilakukan pada Desember 2021. Dalam proses rekredensialing ini juga ada penilaian lulus dan tidaknya," jelasnya.

Baca Juga : Menaker Ida Ajak Pekerja Informal Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Sementara proses kredensialing dilakukan terhadap Faskes yang baru mau mengajukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sari mengaku, sampai saat ini sudah ada tujuh Faskes yang telah mengajukan kerjasama. "Tujuh Faskes ini dalam proses kredensialing semua, namun tahapannya beda-beda. Ada yang sudah melakukan penandatanganan PKS (perjanjian kerjasama), ada yang masih mempelajari PKS, ada yang tahap assessment, melengkapi dokumen dan sebagainya," ujarnya.


Tag: