Kesehatan

BIN Tambah 12.000 Penerima Dosis 2 Vaksin Covid-19 di Sumut



BIN Tambah 12.000 Penerima Dosis 2 Vaksin Covid-19 di Sumut
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Semua elemen bangsa terus bergerak dan berpartisipasi dalam penanggulangan Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian. Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai salah satu instrumen dalam menjaga kedaulatan negara turut andil dalam perang melawan penyebaran virus ini, salahsatunya dengan vaksinasi keliling yang langsung menyentuh kelompok masyarakat tertentu. Misalnya, kelompok pelajar yang kini sangat membutuhkan vaksin demi keamanan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Demikian disampaikan Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana saat meninjau pelaksanaan vaksinasi lanjutan dosis kedua di SMA Negeri 1 Sei Rampah, Rabu (14/10/2021).

"Untuk hari BIN daerah Sumut membawa 12 ribu vaksin. Kita lakukan enam ribu di Deliserdang dan enam ribu di Serdangbedagai (Sergai)," ujar Brigjen TNI Asep, yang tampak didampingi Bupati Sergai, Darma Wijaya.

Dijelaskannya bahwa, vaksin yang dibawa kali ini untuk kabupaten Sergai, diprioritaskan untuk pelajar. Sementara yang di Deli Serdang ada untuk masyarakat yang dilakukan secara door to door.

"Vaksinasi ini kita gencar, kebetulan ini dosis yang kedua, agar terjadi kekebalan tubuh pengguna, dan keamanan siswa-siswi untuk menjalani pembelajaran tatap muka," ujar Brigjen TNI Asep

"Hari ini, kita menuntaskan pemberian dosis kedua untuk 12 ribu penerima awal tersebut. Kegiatan dipusatkan di sejumlah titik, antara lain di kabupaten Deli Serdang dilaksanakan di SMA 1 Tanjung Morawa, SMA 2 Lubuk Pakam dan di dua lokasi di wilayah kecamatan Beringin. Sementara di kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan di SMA 1 Sei Rampah dan SMA 1 Perbaungan," jelasnya.

Kepada masyarakat dan pelajar yang sudah divaksin, Jenderal TNI Angkatan Darat ini meminta supaya tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker.

"Kita semua berharap dapat segera pulih dari Pandemi ini dan aktivitas perekonomian dapat normal kembali. Ini bisa dicapai dengan syarat target 70 persen sudah divaksin lengkap dan masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan. Kita harus menang dalam perang melawan wabah kesehatan ini," pungkasnya.

Sementara dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, per 13 Oktober 2021, pukul 18.00 wib, warga Sumut yang telah lengkap menerima dosis 2 sebanyak 2.549.974 dari target 11.419.559 peserta, atau sekitar 22,33 persen. Sementara warga yang menerima vaksin dosis satu sebanyak 39,27 persen, masih jauh dari target nasional sebesar 70 persen.(BS10)


Tag: