Ekonomi

Menperin Ajak Masyarakat Beli Produk Dalam Negeri, Bangkitkan IKM Agar Naik Kelas



Menperin Ajak Masyarakat Beli Produk Dalam Negeri, Bangkitkan IKM Agar Naik Kelas
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kementerian Perindustrian sukses menyelenggarakan acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema Festival Joglosemar: Artisan of Java, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pertengahan pekan ini. Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya secara virtual dan dihadiri langsung oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sebelum menyampaikan laporannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka dengan membaca pantun menarik. “Menyambut pagi di Borobudur, sembari berkumpul menikmati secangkir kopi. Untuk Indonesia yang makmur, ayo beli produk dalam negeri,” ucapnya dilansir dari Kominfo.go.id, Jumat (21/05/2021).

Menperin mengatakan, sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Gernas BBI dan Ketua Timnas Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), bahwa masyarakat Indonesia agar bisa mendukung produk industri nasional dengan menggunakan dan membelinya. “Karena akan menumbuhkan sektor industrinya, sehingga dapat menopang perekonomian,” tuturnya.

Baca Juga : Kemenperin Dorong Penerapan Standar Nasional untuk Industri Perhiasan di Indonesia

Menperin menegaskan, saat ini pelaku industri kecil dan menengah (IKM) telah mampu menghasilkan berbagi produk yang dibutuhkan oleh pasar domestik dan ekspor, dengan kualitas yang kompetitif. “Artinya, apapun itu kebutuhannya, semua produknya sudah bisa diciptakan oleh anak bangsa kita sendiri,” ujarnya.


Tag: