Ekonomi

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Sistem Irigasi Perpipaan dan Jalan Akses Food Estate di Humbahas



Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Sistem Irigasi Perpipaan dan Jalan Akses Food Estate di Humbahas
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan sistem irigasi dan jalan akses untuk mendukung program pengembangan food estate sebagai lumbung pangan baru. Selain di Provinsi Kalimantan Tengah, pusat pengembangan hortikultura juga ditetapkan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) dengan program pembangunan jaringan perpipaan untuk irigasi pada kawasan dengan luas sekitar 1.000 hektare (Ha).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kunci dari program pengembangan food estate adalah ketersediaan air untuk irigasi, bersamaan dengan teknologi pertaniannya. Sinergi perencanaan infrastruktur irigasi dan pertanian yang dilakukan antara Kementerian PUPR bersama Kementan bertujuan untuk mengembangkan food estate yang modern dan terintegrasi dari hulu ke hilir.

Baca Juga :Progres Food Estate di Humbahas Positif, Gubernur Sumut Optimis Jadi Percontohan

"Untuk tugas pembangunan jaringan irigasi dan air baku pada tahun 2020 sudah selesai dilaksanakan untuk irigasi pada kawasan seluas 50 Ha dari total lahan 200 Ha yang sudah diolah," kata Menteri Basuki dalam rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan secara daring bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil seperti dilansir dari laman pu, Sabtu (10/07/2021).

dikatakan Menteri Basuki, pada tahun 2021 pembangunan intake dan jaringan air baku untuk irigasi dilakukan pada lahan yang sudah diolah seluas 150 Ha, sedangkan sekitar 785 Ha terdapat lahan yang belum dilakukan land clearing. "Jadi total sekitar 37,36% untuk pembangunan intake dan irigasinya," tutur Menteri Basuki.


Tag: