Ekonomi

Edy Rahmayadi: Penyuluh Harus Inovatif dan Kreatif Kembangkan Pertanian Sumut



Edy Rahmayadi: Penyuluh Harus Inovatif dan Kreatif Kembangkan Pertanian Sumut
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para penyuluh pertanian harus inovatif dan memiliki jiwa kreatif untuk bisa mengubah prilaku petani agar meningkatkan hasil produksinya, sehingga membantu prekonomian keluarga. Karena tanpa inovasi dan kreativitas pertanian di daerah ini sulit berkembang.

“Perlu inovasi di bidang pertanian, sehingga Indonesia, khususnya Sumut, mampu meningkatkan prekonomian di bidang hortikultura,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi pada pertemuan Evaluasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian se-Sumut di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (24/11/2021)

Penggunaan teknologi dan rekayasa genetika, menurut Gubernur, sangat membantu keberhasilan sektor pertanian. Selain itu, pertanian sistem organik juga bisa terus ditingkatkankan para petani, hal ini penting untuk membantu menjaga kesuburan tanah, dengan mengurangi pemakaian pupuk kimia.

“Ini merupakan salah satu tugas dari para penyuluh pertanian, membantu para petani yang masih mengandalkan pola bercocok tanam secara tradisional,” jelas Edy Rahmayadi.

Belanda ratusan tahun datang ke Indonesia karena tanah yang subur dan penghasil rempah"rempah terbaik. Rempah terbaik itu ada di Indonesia, posisi Indonesia yang berada di khatulistiwa menjadi daya tarik negara lain. “Ini merupakan modal untuk memajukan pertanian kita dengan dukungan inovasi,” ungkapnya.


Tag: