Politik & Pemerintahan

Menhub Wajibkan Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kapal Via Pelabuhan Bakauheni



Menhub Wajibkan Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kapal Via Pelabuhan Bakauheni
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa menggunakan angkutan penyeberangan wajib melakukan tes cepat atau rapid test antigen.

“Kami mohon kepada jajaran Pemprov Lampung dan Satgas Khusus COVID-19 Lampung yang diketuai Kapolda untuk terus melakukan pengawasan agar tidak ada yang lolos pemeriksaan,” ujarnya saat melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pelaksanaan Rapid Test Antigen di Lampung dan di Pelabuhan Bakauheni, dilansir dari Setkab.go.id, Minggu (23/05/2021).

Menhub mengimbau agar masyarakat bisa melakukan tes secara mandiri dari kota asal agar tidak perlu mengantre melakukan tes di sejumlah titik pemeriksaan dan menghindari penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni. "Hal ini demi mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pasca Lebaran dari Sumatera ke Jawa dan adanya peningkatan kasus positif di pulau Sumatera yang berpotensi memicu penularan COVID-19. Karenanya pemerintah membentuk Satgas Khusus Provinsi Lampung yang dikomandoi oleh Kapolda Lampung untuk memastikan masyarakat yang akan menyeberang sudah melakukan Rapid Test Antigen," tegas Menhub.

Baca Juga : Penyekatan Jalur Masuk ke Kota Medan Diperpanjang Sampai 24 Mei 2021

Tercatat, ada tujuh titik pengecekan rapid test antigen di Lampung dan Bakauheni yaitu di Pos Rest Area KM 172 B, Pos Rest Area KM 87 B, Pos Rest Area KM 20 B, Pos Pelabuhan Bandar Bakau, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, dan Begadang IV. "Saya sangat berterima kasih kepada Satgas Khusus dan Pemda karena sudah melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, karena ini wajib dilakukan di penyeberangan,” papar Menhub.


Tag: