Politik & Pemerintahan

Kemendikbud Susun Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dan CPPPK 2021



Kemendikbud Susun Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dan CPPPK 2021
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyusun Soal Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) Tahun 2021. Penyerahan SKD dilakukan secara virtual dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud); Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo selaku Ketua Panselnas; Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana; serta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Mendikbud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpan RB Tjahjo Kumolo selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas atas kepercayaannya untuk menyusun SKD CASN dan CPPPK Tahun 2021 dan seluruh pihak yang telah membantu Kemendikbud dalam proses penyusunan soal ini. “Penyusunan soal kompetensi dasar merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaring calon-calon ASN yang berkualitas sehingga dilaksanakan melalui beberapa tahapan,” ujar Nadiem Makarim, dilansir dari Kemdikbud.go.id, Sabtu (24/04/2021).

Dijelaskannya, tahapan dalam penyusunan SKD CASN dan CPPPK Tahun 2021 yang pertama adalah memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CASN dan kisi-kisi tahun 2019. Proses ini melibatkan unsur dari Kemenpan RB, Badan Kepegawaian Negara, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan para pakar dari perguruan tinggi yang didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud.

Baca Juga : Permudah Pendaftaran Seleksi ASN 2021, Inilah Sejumlah Fitur Baru Portal SSCASN

"Berikutnya yaitu melakukan proses telaah bahasa oleh para ahli dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan soal-soal itu telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar," papar Mendikbud.


Tag: