Peristiwa

Walikota Medan Saksikan Peresmian Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko



Walikota Medan Saksikan Peresmian Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Walikota Medan Bobby Nasution menyaksikan peresmian peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko secara virtual di ruang Command Center Kantor Wali Kota, Senin (09/08/2021).

Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko yang merupakan layanan daring penerbitan izin berusaha dan guna memudahkan pengusaha mikro hingga besar ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan Sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko inii merupakan reformasi signifikan dalam perizinan, menggunakan layanan perizinan online terintegrasi dan terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, pagi ini saya resmikan peluncuran Sistem Online Single Submission berbasis risiko. Melalui Sistem OSS ini perizinan berusaha akan disesuaikan dengan tingkat risiko. Hal tersebut tentunya akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik," kata Presiden Jokowi.

Presiden meyakini apabila OSS dapat dilaksanakan dengan baik maka investasi baik skala mikro, kecil, menengah maupun besar akan meningkat. Oleh karena itu Presiden memerintahkan kepada menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati dan wali kota agar disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS ini. Selain itu Presiden juga menegaskan akan mengawasi langsung implementasi di lapangan.

"Apakah persyaratannya semakin mudah, apakah jumlah izin semakin berkurang, apakah prosesnya makin sederhana, apakah biaya makin efisien, apakah standar sama di seluruh Indonesia, dan apakah layanannya semakin cepat. Ini yang akan saya ikuti," tegasnya.


Tag: