Peristiwa

Tingkatkan PAD dan Kembangkan UMKM, DPRK Subulussalam Akan Adopsi Aturan dan Regulasi di Kota Medan



Tingkatkan PAD dan Kembangkan UMKM, DPRK Subulussalam Akan Adopsi Aturan dan Regulasi di Kota Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman menerima kunjungan dari DPRK Subulussalam di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (07/10/2021).Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus bertukar informasi terkait dengan potensi daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengembangan UMKM lokal.

Rombongan DPRK Subulussalam yang diketuai oleh Wakil Ketua DPRK Subulussalam Dewita Karya, didampingi Ketua Fraksi PAN, Bahagia Maha dan anggota DPRK lainnya ini disambut hangat oleh Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman.

Baca Juga : Bayi Penderita Atresia Bilier Butuh Bantuan

Dalam kunjungan tersebut, Bahagia Maha selaku Ketua Fraksi PAN menyampaikan PAD Kota Subulussalam sekitar Rp. 50 Milyar, di mana penyumbang PAD terbesar berasal dari pasar tradisional dan tanah.

Oleh sebab itulah kehadiran mereka ke Pemko Medan guna mempelajari dan mengadopsi aturan-aturan dan regulasi yang ada di Kota Medan guna meningkatkan PAD dan juga pengembangan UMKM untuk diterapkan di Kota Subulussalam."Alhamdulilah Pak Wakil Wali Kota dan OPD lainnya tadi sudah memberikan regulasinya, dan insya allah akan kami terapkan di sana," ujar Bahagia Maha.

Mendengarkan penjelasan tersebut, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengatakan untuk mengembangkan UMKM di Kota Medan, Pemko Medan saat ini memasukkan produk UMKM ke E-Katalog lokal sehingga produk-produk UMKM seperti makan dan minum dapat digunakan oleh Pemko Medan."Untuk makan dan minum di Pemko Medan, kami melibatkan UMKM yang ada di setiap Kelurahan dengan begitu pelaku UMKM dapat terbantu dan kita juga membantu mereka untuk bisa masuk ke E-Katalog," jelas Aulia Rachman.

Di samping itu guna meningkatkan PAD, Aulia Rachman menyarankan agar DPRK Subulussalam dapat memaksimalkan potensi pajak yang ada di sana seperti dari parkir ataupun Pajak Bumi Bangunan (PBB)."Potensi yang ada dapat ditingkatkan untuk menambah PAD misalnya dari parkir ataupun PBB," pungkasnya menyebutkan.(BS09)


Tag: