Peristiwa

Salurkan Zakat Pribadi, Wali Kota Medan Dukung Baznas Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat



Salurkan Zakat Pribadi, Wali Kota Medan Dukung Baznas Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan dengan menyalurkan zakat pribadinya melalui Baznas Kota Medan. Dia mengharapkan, langkah tersebut dapat menggerakan seluruh ASN yang beragama Islam di lingkungan Pemko Medan untuk turut menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Medan.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan saat menerima audiensi dari pengurus Baznas Kota Medan di Kantor Wali Kota Medan, Selasa (09/03/2021). "Insya Allah secara pribadi saya akan menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Medan. Apalagi pembayaran zakat ini merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim. Saya berharap juga dapat menggerakan ASN lainya untuk berzakat melalui Baznas kota Medan," kata Bobby, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Khairul Syahnan, Kaban Kesbangpol, Sulaiman Harahap dan Kabag Sospen Khoirudin.

Kepada pengurus Baznas yang beraudiensi, Wali Kota Medan menyarankan agar Baznas Kota Medan terus melakukan edukasi kepada masyarakat sehingga kepercayaan meningkat terhadap Baznas kota Medan. "Baznas juga harus mengedukasi masyarakat agar percaya bahwa zakat yang diserahkan kepada Baznas disalurkan kepada orang yang tepat," saran Wali Kota Medan.

Sebelumnya Ketua Baznas Kota Medan, Drs H Azwar S MSi, didampingi para Wakil Ketua menyampaikan, maksud kedatangan untuk beraudiensi ini guna menyerahkan laporan kepada Wali Kota Medan terkait dengan tugas yang dijalankan. Dimana Azwar menjelaskan Baznas memiliki program kerja yang membantu masyarakat, baik di bidang kesehatan maupun sosial. "Kita memiliki sejumlah program kerja seperti bidang kesehatan, Medan Cerdas, Infaq, Medan Makmur, dan masih banyak program lainya," jelasnya.

Di tahun 2020, Azwar menyebutkan bahwa zakat yang terkumpul dari masyarakat dan ASN Pemko Medan sebanyak Rp.800 juta dan zakat tersebut disalurkan ke sejumlah masyarakat yang membutuhkan. "Untuk tahun 2020 zakat yang terkumpul sebanyak Rp.800 juta, namun hanya 9% yang berasal dari ASN Pemko Medan," sebutnya.

Oleh karena itulah, Azwar mengharapkan dukungan dari Wali Kota Medan agar mensosialisasikan kepada para ASN untuk membayarkan zakat melalui Baznas Kota Medan. "Kami berharap Bapak Wali Kota Medan menjadi pioner dalam mendukung Baznas sehingga ASN lainnya juga mau ikut mendukung," harapnya. (Rel)


Tag: