Peristiwa

Napak Tilas Pangeran Diponegoro, Korem 072/Pamungkas Laksanakan Gowes Historis dan Aksi Baksos di Goa Selarong Bantul



Napak Tilas Pangeran Diponegoro, Korem 072/Pamungkas Laksanakan Gowes Historis dan Aksi Baksos di Goa Selarong Bantul
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Guna mengenang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto melaksanakan olahraga bersepeda santai (Gowes) dan Bakti Sosial (Baksos) bersama Trah Pangeran Diponegoro di Goa Selarong, Bantul, beberapa waktu lalu.

Adapun rute Gowes yang dilalui napak tilas Pangeran Diponegoro, start dari Monumen Diponegoro (Mundip) Tegalrejo Kota Yogyakarta melalui Wirobrajan dilanjutkan perempatan Ring Roud Barat Gamping melewati Universitas Muhammadyah Yogyakarta ( UMY) dilanjut perempatan Kasihan Bantul menuju Bangunjiwo Bantul selanjutnya Finish di Goa Selarong, Bantul dengan jarak tempuh 16 Km.

Di lokasi Goa Selarong, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto melaksanakan Bakti Sosial berupa pembagian sembako dan tali asih kepada masyarakat lansia di sekitar wilayah Goa Selarong, Bantul yang terdampak situasi Pandemi Covid-19.

Baca Juga : Korem 072/Pamungkas Gowes Baksos di Pantai Samas Bantul

Danrem menyampaikan kegiatan Gowes kali ini merupakan suatu kegiatan yang kita ambil hikmah sejarahnya napak tilas Pangeran Diponegoro, karena Pangeran Diponegoro merupakan tokoh penting dalam Perang Jawa saat melawan penjajahan Belanda. "Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati jasa para Pahlawannya," ucapnya Danrem.


Tag: