Peristiwa

HUT ke-76 TNI, Presiden Sapa Prajurit TNI di Lebanon hingga Perairan Natuna Utara



HUT ke-76 TNI, Presiden Sapa Prajurit TNI di Lebanon hingga Perairan Natuna Utara
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Pada momen Peringatan ke-76 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada Selasa (05/10/2021), Presiden RI Joko Widodo menyapa prajurit TNI yang tengah bertugas di dalam dan di luar negeri.

Melalui sambungan konferensi video, dari Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Presiden berdialog dengan prajurit TNI yang ada di lima lokasi penugasan, yaitu Satuan Tugas Luar Negeri (Yonmek UNIFIL) di Lebanon; di pulau-pulau terluar/perbatasan Indonesia di Ndana Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT); di KRI Multatuli-561 di perairan Natuna Utara; Satgas Pamtas RI-MLY Yonmek 643/WNS di Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar); dan di Rumah Sakit (RS) Lapangan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Pertama, Kepala Negara menyapa Kontingen Garuda UNIFIL 2021 yang sedang bertugas di Lebanon yang dikomandani oleh Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar. Pada kesempatan itu, Amril melaporkan, prajurit TNI yang bertugas di Lebanon sebanyak 1.230 orang yang terdiri dari 730 prajurit TNI AD, 399 prajurit TNI AL, dan 101 prajurit TNI AU. Sebanyak 84 orang di antaranya adalah prajurit wanita.

“Kontingen Garuda UNIFIL telah memperoleh pengakuan positif dari masyarakat, pemerintah setempat, dan UNIFIL. Kami bangga dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional melalui operasi pemeliharaan perdamaian di Lebanon,” ujar Amril.

Amril menambahkan pasukannya sudah berada di Lebanon selama 10 bulan dari 12 bulan waktu penugasan dan saat ini semua dalam keadaan sehat. “Tadi sudah disampaikan semuanya dalam keadaan sehat, yang paling penting. Kemudian keamanan di Lebanon terkendali semuanya sehingga tidak ada masalah yang berarti yang dialami oleh para prajurit kita,” ujar Presiden menanggapi laporan Amril.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menerima laporan dari Kapten Marinir Aghy Kauna, Komandan Kompi Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar Wilayah Timur XXIV Pos Pulau Ndana, Rote. Aghy melaporkan personel yang terlibat dalam operasi berjumlah 34 prajurit, terdiri dari 24 prajurit Yonif 1 Marinir Brigif 2/Marinir dan 10 prajurit Yonif 743 Brigif 21/Komodo, Kodam IX Udayana.

“Situasi Pulau Ndana, Rote, dalam keadaan aman dan seluruh prajurit dalam keadaan sehat. Kami akan menjaga Pulau Ndana, Rote, dengan penuh semangat dan dedikasi sampai titik darah penghabisan, karena bagi kami NKRI harga mati,” tegas Aghy.


Tag: