Peristiwa

Gempa Karo, Kabanjahe dan Berastagi Berguncang



Gempa Karo, Kabanjahe dan Berastagi Berguncang
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Wilayah Kabupaten Karo diguncang oleh orang gempa bumi tektonik, Jumat (02/04/2021) pukul 02.08 WIB dini hari tadi.

Plt Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Eridawati menyampaikan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=3.4.

Dia menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.12 LU dan 98.51 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km arah Timur Laut Kabupaten, Karo pada kedalaman 3 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ungkapnya.

Dia menuturkan, adaapun guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabanjahe dan Berastagi pada skala II MMI yakni getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kendati begitu, sambung dia, hingga siang ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).(BS11)