Pendidikan

MTs Negeri 1 Labura Gelar Iqra Time, Ajak Siswa Beraksi dan Berliterasi



MTs Negeri 1 Labura Gelar Iqra Time, Ajak Siswa Beraksi dan Berliterasi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - MTs Negeri 1 Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) kembali menjalankan Program yang sempat tertunda dikarenakan wabah pandemi Covid 19 yaitu Program Literasi Beraksi atau yang akrab disebut dengan Iqra Time, akhir pekan ini. Program ini merupakan upaya untuk menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kepala MTsN 1 Labura, Akhmad Syiroj SPd MPd mengatakan, Program Literasi beraksi ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Kegiatan rutin yang dipimpin Guru Irma Susanti SPd dan Elpi Suaidah SPd ini dilaksanakan setiap hari Sabtu. "Ini merupakan kegiatan perdana setelah dibolehkan PTM Terbatas oleh intruksi Gubernur dan Kanwil Kemenagsu. Adapun kegiatan literasi beraksi ini dilaksanakan di Ruang Terbuka yaitu Open Stage MTsN 1 Labura," ujar Kepada Madrasah dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Minggu (12/09/2021).

Diawali dengan kata pembuka dari pembina kegiatan literasi, sambungnya, acara kemudian dipandu langsung oleh perwakilan dari siswa. Kemudian para siswa diarahkan untuk membaca buku yang dibawanya masing-masing selama 15 menit. Setelah itu pembawa acara akan mengundi nama-nama yang akan menampilkan hasil bacaannya di panggung dan kemudian ditutup dengan evaluasi beserta masukan-masukan yang disampaikan oleh pembina literasi.

Baca Juga : Jadi Narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Ini Pesan Kakankemenag Tanjungbalai

"Tidak hanya di kelas, kami juga ingin kegiatan literasi ini dikemas dalam bentuk yang berdeda sehingga dapat lebih menarik dan dapat merangsang minat membaca siswa-siswi kami. Program Literasi beraksi ini diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berbicara didepan umum (Public Speaking). Program Literasi Beraksi ini dapat mengembangkan pemahaman dan potensi siswa serta untuk berpartisipasi mengisi berbagai prestasi untuk madrasah," pungkasnya. (BS09)


Tag: