Kesehatan
Terima Visitasi Kemenkes

RSUPHAM Berharap Ditetapkan Sebagai Salah Satu Penyelenggara Transplantasi Organ



RSUPHAM Berharap Ditetapkan Sebagai Salah Satu Penyelenggara Transplantasi Organ
beritasumut.com/BS04

beritasumut.com - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) telah menjalani visitasi transplantasi ginjal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada, Jumat (10/12/2021) kemarin.
Kegiatan visitasi ini dilaksanakan di Aula Gedung Administrasi RSUPHAM bersama tim dari Kemenkes RI, termasuk Komite Transplantasi Nasional, yang tujuan untuk menilai kelayakan rumah sakit sebagai penyelenggara transplantasi ginjal.

Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menjelaskan, bahwa RSUPHAM sudah mulai melakukan transplantasi ginjal sejak tahun 2017. Layanan transplantasi organ tersebut dilaksanakan dengan supervisi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), di mana sampai 2019, sudah empat pasien yang menjalani transplantasi tersebut.

"Tahun 2017 kita sudah mulai melakukan transplantasi ginjal. Tentu bimbingan dari RSCM selalu mendampingi kami. Kemudian, karena pandemi Covid-19 kami berhenti. Di tahun 2019 juga, kami sudah sempat mengajukan (ke Kemenkes RI) untuk bisa mandiri melakukan transplantasi ginjal," ungkapnya, Minggu (12/12).

Oleh karena itu Zainal berharap, RSUPHAM dapat segera ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara transplantasi organ, agar ke depannya bisa melakukan transplantasi ginjal secara mandiri.

"Manajemen rumah sakit sendiri sudah menyatakan kesiapan, serta mempersiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana, termasuk sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan pelayanan tersebut," pungkasnya.


Tag: